Tips Cara Bermain Golf untuk Anda yang Masih Pemula!

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengenal olahraga golf, biasanya golf identik dengan sebutan olahraganya orang kaya. Lantaran golf hanya dimainkan oleh kalangan tertentu saja seperti pengusaha atau pejabat. Tetapi tidak menutup kemungkinan orang pada umumnya melakukan olahraga golf.

Untuk Anda yang ingin mulai melakukan olahraga golf, ada beberapa cara bermain golf yang perlu Anda ketahui. Sebagai pemula, Anda perlu memperhatikan teknik ayunan yang tepat. Dengan teknik yang benar, Anda dapat mencetak skor dalam permainan golf.

Sebagai pemula, Anda harus sering melakukan latihan dan pemahaman akan teknik-teknik bermain golf. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan bagaimana cara bermain golf untuk Anda yang masih baru memasuki dunia olahraga golf.

Tips Cara Bermain Golf untuk Anda yang Masih Pemula!

Key Takeaways:

  • Tips cara bermain golf dengan teknik dan langkah-langkah yang benar bagi Anda yang masih pemula
  • Peraturan permainan golf yang penting untuk dipahami dan diikuti. Aturan ini meliputi berbagai macam seperti teknik memukul, format permainan, dan lainnya.

Tips Cara Bermain Golf

Sebagai pemula bermain golf mungkin bukanlah hal yang mudah, Anda perlu menguasai teknik dasar dengan baik agar mahir dalam memainkannya. Bagi Anda yang pemula, berikut yang bisa Anda pelajari:

1. Persiapkan Peralatan Golf

Perlengkapan peralatan golf menjadi langkah awal yang penting sebelum melakukan permainan golf. Perlengkapan yang perlu Anda siapkan diantaranya yaitu jenis stik golf sesuai dengan kebutuhan, bola golf, sarung tangan, tee, sepatu olahraga, topi, tas golf, pakaian golf, dan peralatan lainnya.

2. Melakukan Pemanasan 

Sebelum melakukan golf, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah pemanasan setidaknya selama 10 menit dengan jalan cepat.

Regangkan tangan, pergelangan tangan, lengan bawah, siku, bahu, tulang belakang, dan panggul Anda.

Ayunkan tongkat golf Anda beberapa kali, secara bertahap tingkatkan jangkauan gerak dan kecepatan ayunan Anda.

3. Atur Postur Badan yang Tepat

Bagi Anda yang masih pemula, perlu mengatur posisi tubuh agar seimbang dan tidak goyang. Saat hendak memukul bola, pastikan bahwa pijakan kaki kuat sehingga tubuh menjadi seimbang.

Dari posisi yang seimbang, Anda bisa merasakan perpindahan tumpuan berat badan dari kanan ke arah kiri pada saat melakukan downswing.

Sebagai poros untuk berotasi, punggung harus dalam keadaan tetap dan tegap, tidak berubah posisi ketika melakukan pukulan.

4. Latihan back dan down

Untuk melancarkan gerakan ayunan, sebagai pemula adalah melakukan latihan back dan down.

Gerakan back merupakan gerakan putaran badan sejauh 90 derajat dari target pukulan, yang menyerupai gerakan seolah-olah akan memukul bola.

Sedangkan, gerakan down dengan memutar kembali hingga posisi tubuh hingga 90 derajat ke arah yang berlawanan.

5. Mendapatkan “feels” pukulan

Salah satu cara untuk mendapatkan “feels” dalam permainan golf yaitu dengan berlatih pukulan sesering mungkin.

Anda bisa berlatih teknik dasar memukul seperti posisi berdiri, memegang stick dengan benar, dan posisi tumpuan kaki hingga menemukan gaya pukulan yang terbaik.

6. Gunakan kekuatan tubuh untuk melakukan Ayunan

Banyak orang keliru memahami bahwa jauhnya pukulan tergantung pada kencang atau pelannya ayunan tangan.

Padahal sebenarnya pukulan yang maksimal bisa dihasilkan dari gerakan yang selaras dengan putaran badan.

7. Rajinlah Berlatih

Hal yang tidak kalah penting adalah berlatih golf secara rutin agar semakin handal memainkannya. Semakin sering berlatih, otomatis dapat membantu Anda untuk lebih terbiasa.

Secara tidak langsung, dengan sering berlatih dapat memperkuat mental bagi Anda sebagai pemula.

Tidak hanya rajin berlatih, Anda juga dapat mempelajari teknik belajar, memahami dasar dan jalannya permainan, hingga memahami area berlatih termasuk hal penting untuk dipelajari. 

Selain mempelajari teknik-teknik berlatih, kini Anda saatnya menerapkan semua pembelajaran yang telah didapatkan sebelumnya di lapangan asli.

Peraturan Cara Bermain Golf yang Wajib Dipahami!

Peraturan Cara Bermain Golf yang Wajib Dipahami!

Bermain golf memang menyenangkan, akan tetapi jangan sampai Anda tidak mengetahui peraturan-peraturan cara bermainnya. Sebab hal ini menjadi dasar penting dalam bermain golf. Berikut peraturan-peraturan yang perlu Anda ketahui:

1. Aturan Bermain Golf

Untuk setiap lubang, Anda dapat memulai dari posisi awal yang disebut tee dan memukul bola ke arah lubang.

Ada banyak macam stik golf yang memenuhi spesifikasi tertentu yang dapat Anda gunakan. Beberapa contoh stik golf yang umum digunakan adalah iron, woods, driver, wedges, chipper dan putter. Masing-masing stick golf didesain secara khusus untuk berbagai jenis pukulan dan situasi. 

Hal yang dapat Anda lakukan pertama dalam bermain golf, yaitu Anda hanya dapat memilih maksimal 14 stik untuk dimasukkan ke dalam tasnya di awal ronde mana pun. Jika lebih dari waktu yang ditentukan, maka akan dikenakan hukuman pukulan penalti.

Sesuai dengan peraturan golf, Anda diperbolehkan untuk menambahkan jumlah stik ke dalam perlengkapan selama jumlahnya masih di bawah 14 stik. Pada saat pergantian stik, Anda hanya dapat diperbolehkan pada akhir setiap ronde.

Jika Anda tidak membawa tas sendiri selama pertandingan, maka Anda dapat menggunakan jasa pembantu yang biasa disebut caddy yang melakukannya untuk Anda. 

Pada saat bermain golf, Anda harus selalu melihat bola mereka setiap saat karena, jika Anda melakukan kesalahan pada saat memukul bola, maka dapat mengakibatkan penalti dua pukulan.

Pada pukulan pertama, Anda hanya diperbolehkan untuk sedikit mengangkat bola dengan menggunakan pasak kecil atau yang biasa disebut tee.

Selanjutnya untuk pukulan berikutnya, bagaimanapun Anda harus memainkan ‘sesuai dengan posisi bola’, yang biasa dianggap sebagai aturan emas golf.

Dalam hal lain, jika pada gilirannya dapat memunculkan seperangkat aturan lain, ketika Anda menganggap sebuah pukulan tidak bisa dimainkan. Hal ini dikarenakan jika jangkauan bola golf berada di luar batas area, seperti di semak-semak, terlalu dekat dengan pohon, di antara batu-batuan, masuk kedalam kolam atau dalam kondisi yang sulit di gumuk pasir.

Golf memiliki aturan yaitu Anda tidak diperbolehkan untuk mengatur atau mengubah tempat atau lingkungan dengan cara apa pun, seperti mematahkan ranting, membersihkan bekas puing-puing, atau memindahkan pasir, yang mana hal ini untuk meningkatkan peluang Anda dalam memainkan bola pada saat situasi yang sulit.

Dalam skenario ini, Anda dapat menentukan jarak dan penalti satu pukulan untuk melanjutkan pertandingan. Jika bola golf bisa diselamatkan, Anda boleh mengambil bola dan menempatkannya pada titik yang dapat dimainkan tepat sejajar dengan lubang dan di belakang posisinya saat ini, sebelum Anda melanjutkan permainan.

Jika posisi bola tidak dapat diselamatkan, maka bola baru digunakan untuk melanjutkan permainan.

Hal yang menarik dalam bermain golf yaitu, jika bola pemain golf masuk ke dalam bahaya seperti di dekat air maka saat melakukan pukulan Anda diperbolehkan jika posisinya memungkinkan, Anda dapat memilih untuk melanjutkan tanpa melakukan penalti. Tetapi dalam sebagian besar kasus, hal itu tidak memungkinkan dan Anda harus melakukan penalti dengan jarak dan pukulan sebelumnya untuk melanjutkan permainan dengan bola baru.

2. Format Permainan Golf

Dalam bermain golf, Anda hanya dapat menggunakan stik golf untuk memukul bola ke dalam lubang. Tujuan utama bermain golf adalah melakukan pukulan sesedikit mungkin untuk berhasil memasukkan bola ke dalam lubang.

3. Format stroke play dalam golf

Pada umumnya, pada pertandingan golf yang kompetitif biasanya dimainkan dalam empat ronde yang terdiri dari 18 lubang. Andal dapat menyelesaikan seluruh lapangan dengan pukulan paling sedikit maka Anda akan memenangkan permainan. Dalam permainan golf biasanya Ini disebut format penilaian stroke play dan paling banyak digunakan dalam turnamen golf.

Sering kali cut ditetapkan setelah dua ronde pertama. Hanya pemain yang berada di atas batas cut di papan peringkat pada fase tersebut yang dapat memainkan dua ronde terakhir, sementara pemain yang lain gugur.

Dalam stroke play, peringkat yang seri bisa diterima, namun jika terjadi seri di puncak leaderboard, tie-breaker, yang disebut playoff, maka permainan dilanjutkan untuk menentukan pemenang dalam permainan golf.

Lubang tambahan dimainkan dalam playoff hingga pemenang ditentukan.

4. Permainan pertandingan

Untuk kompetisi atau pertandingan tertentu seperti Ryder Cup dan Piala Presiden, format yang digunakan yaitu format alternatif.

Dalam format ini, Anda dan para pemain lainnya saling berhadapan satu sama lain dalam 18 hole.

Jika Anda melakukan pukulan yang lebih rendah dari lawan untuk memasukkan bola ke dalam hole tertentu, Anda akan mendapatkan satu poin untuk hole tersebut. dalam kasus lain ketika keduanya tidak akan mendapatkan poin untuk sebuah hole jika mereka menyelesaikannya dengan jumlah pukulan yang sama.

Di akhir pertandingan, pemain atau tim dengan poin lebih banyak di 18 hole akan memenangkan pertandingan.

Jika terjadi seri, permainan akan dilanjutkan ke babak hole tambahan untuk menentukan pemenang dalam permainan golf.

5. Istilah Lapangan Golf

Tee Golf – Pasak kayu yang Anda gunakan untuk meletakkan bola golf di awal lubang.

Golf Tee Box – Area tempat Anda pertama kali memainkan bola di awal lubang.

Fairway – Bagian dari lapangan golf yang mengarah ke green, biasanya tempat melakukan pukulan.

Green – Tanah yang lembut dan subur di sekeliling hole.

Rough – Area liar di kedua sisi fairway. Area ini sering kali dipenuhi pepohonan dan rerumputan panjang.

Bunker – Parit berisi pasir yang biasanya mengelilingi green.

Hazard – Sungai, kolam, bunker, pepohonan. Apapun yang menghalangi Anda untuk memasukkan bola golf ke dalam lubang.

Jababeka Golf & Country Club

Jababeka Golf & Country Club

Jababeka Residence merupakan sebuah kawasan kota mandiri yang memiliki berbagai macam fasilitas. Salah satunya Jababeka Golf & Country Club.

Jababeka Golf & Country Club adalah lapangan golf yang menyediakan 18 hole dengan pemandangan pepohonan yang rindang. Anda akan memiliki pengalaman bisnis dan rekreasi terbaik di kelasnya

Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut terkait Kota Jababeka, segera klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: Kelebihan Jababeka Golf & Country Club di Jalan Cikarang Golf

ARE YOU INTERESTED

IT'S TIME TO DISCOVER

THE POTENTIAL

FIND US

ADDRESS:

Jababeka Center, Hollywood Plaza No. 10 – 12,
Jl. H. Usmar Ismail, Jababeka Cikarang, Bekasi 17550
Phone:

+62 21 893 4580 / 893 4570

E-mail:

info@jababekaresidence.com

download Jababeka residence application

Dapatkan informasi terbaru mengenai produk-produk Jababeka Residence, mulai dari rumah, ruko, apartemen hingga business loft dengan harga terjangkau.

ENQUIRE

    © Jababeka Residence. All rights reserved.