Desain Rumah Jepang yang Unik dan Elegan

Jepang merupakan negara yang terkenal dengan keindahan pemandangannya, salah satu yang menjadi primadona adalah Gunung Fuji dan bunga sakura.

Selain karena pemandangannya, Jepang juga memiliki desain rumah yang unik dan menjadi sorotan dunia.

Banyak desain rumah Jepang yang memiliki suasana nyaman dan hangat, perpaduan desain modern dan tradisional membuat betah di dalam rumah.

Desain rumah Jepang banyak mengangkat konsep minimalis dan simple, tidak heran jika banyak orang yang berusaha untuk menerapkannya di rumah mereka.

Bagi Anda yang menyukai rumah simple bergaya Jepang, artikel ini akan membahas segala sesuatu mengenai desain rumah jepang.

Desain Rumah Jepang yang Unik dan Elegan

Key Takeaways:

  • Rumah khas Jepang memiliki berbagai macam konsep, mulai dari minimalis, modern, tradisional, hingga rumah dengan mengkombinasikan berbagai konsep.
  • Selain desain rumah yang unik, rumah Jepang memiliki karakteristik interior yang memadukan banyak elemen
  • Terdapat beberapa inspirasi rumah Jepang yang unik dan nyaman

Variasi Desain Rumah Jepang

Rumah bernuansa Jepang mempunyai ciri khas yang memadukan unsur elemen kayu, hal ini ternyata memiliki makna dibaliknya.

Penggunaan kayu bisa menahan dari gempa, sehingga dapat melindungi penghuni yang di dalam rumah. Berikut berbagai jenis desain rumah bergaya Jepang:

1. Rumah Gaya Jepang Tradisional

Konsep rumah yang pertama adalah bergaya tradisional atau disebut sebagai minka. Biasanya konsep rumah ini bisa ditemukan di desa-desa atau pegunungan Jepang.

Ciri khas budaya yang berada di dalam rumah ini masih sangat kental. 

2. Rumah Gaya Jepang Gandare House

Konsep rumah ini memadukan aksen kayu disulap menjadi gaya modern pada bagian luar. Elemen khas Jepang bagian dalam yang terbuat dari unsur material kayu dan tidak berubah sama sekali.

Hunian bernuansa Jepang modern ini sangat nyaman, apalagi dengan pencahayaan alami yang datang dari jendela besar.

3. Rumah Gaya Jepang Scandinavian

Konsep rumah Scandinavian sudah menjadi tren sejak lama. Bahkan di Indonesia sendiri, sudah banyak pembangunan rumah yang menggunakan konsep ini.

Dipadukan dengan sentuhan gaya Jepang, terdapat beberapa ciri khas yang diterapkan salah satunya menggunakan elemen warna putih pada dinding.

Selain itu, dipadukan dengan elemen kayu dan menggunakan pintu geser atau washitsu.

4. Modern Dominasi Kaca

Variasi Desain Rumah Jepang

Salah satu ciri khas desain rumah ala Jepang adalah atap overstek lebar dan miring. Konsep ini dapat dipadukan dengan gaya rumah modern.

Contohnya seperti di atas yang mendominasi kaca. Konsep rumah ini cocok dibangun di dataran tinggi yang memiliki pemandangan alam yang memanjakan mata.

5. Rumah Gaya Jepang Minimalis

Salah satu konsep hunian rumah ala Jepang yang banyak menjadi dambaan orang-orang,bangunan dengan konsep Jepang minimalis sangat cocok diterapkan ke rumah impian Anda. 

Rumah ala Jepang biasanya menggunakan warna monokrom yang sangat mendominasi. 

6. Gaya untuk Halaman Luas

Anda yang mempunyai lahan atau bangunan luas dapat menggunakan gaya rumah Jepang sederhana. Gaya ini dipadukan oleh beberapa warna seperti putih biru dan hijau.

Pada bagian depan, berikan space teras yang menjadi ciri khas hunian Jepang. Teras dapat dibuat lebih modern dengan meletakkan bangku dan meja. 

7. Ada Sentuhan Batu Alam

Rumah ala Jepang rata-rata mempunyai elemen sentuhan nuansa yang natural. Anda dapat menambahkan batu alam supaya lebih menonjolkan suasana alami.

Untuk taman, Anda bisa menghiasi dengan bunga-bunga cantik di sekitarnya agar bernuansa alam.

8. Model untuk Lahan Sempit

Harga jual tanah/bangunan di Jepang sangat tinggi,  jika Anda hanya bisa membeli tanah sekian meter saja, apakah dapat membangun rumah? Jawabannya bisa.

Anda dapat membangunnya secara vertikal seperti gaya rumah Jepang yang satu ini. Sederhana saja, yang penting cahaya baik dari lampu atau jendela sudah maksimal. Selebihnya Anda bisa mendekorasi sesuka hati. 

9. Rumah Jepang “Country”

Sama seperti hunian di Jepang tradisional lainnya, gaya bangunan satu ini banyak dijumpai di daerah desa atau pegunungan Jepang.

Dengan kita melihatnya saja sudah merasakan ketenangan dan kehangatan karena nuansa warna coklat dan hitam yang ada.

Selain itu, gaya rumah jepang yang satu ini mempunyai halaman atau ruang terbuka yang cukup luas sehingga tidak terasa sempit dan sumpek jika dipandang. 

10. Desain Tradisional Rumah Jepang 2 Lantai

Selain desain hunian satu lantai, Anda juga dapat mendesain rumah 2 lantai khas jepang.

Tingkatan atap rumah, jendela khas, tembok kayu yang lengkap dengan beberapa tanaman di halaman rumahnya dapat diterapkan di Indonesia.

Hal ini dapat membuat rumah Anda terkesan berbeda dari rumah lainnya serta memiliki desain yang unik dan menarik jika dilihat dari jauh.

Baca juga: 10 Jenis Desain Rumah Terpopuler yang Cocok untuk Hunian Anda!

Karakteristik Rumah dengan Nuansa Jepang

Rumah dengan konsep Jepang mempunyai desain karakteristik yang unik, keunikan ini terlihat dari desain interior yang memadukan desain tradisional yang bernuansa kayu atau bambu.

Karakteristik Rumah dengan Nuansa Jepang

Berikut karakteristik rumah Jepang:

1. Pintu Geser Shoji  

Seperti sudah menjadi ciri khas hunian tradisional di Jepang yang terbuat dari material kayu, adanya pintu geser yang bisa mempermudah penghuni membuka pintu dan menghadirkan ruangan yang lebih terkesan lapang serta luas.

2. Toilet Jepang

Jangan terkejut dengan teknologi canggih yang digunakan di toilet rumah-rumah Jepang.

Toilet ini dilengkapi dengan fitur-fitur modern, seperti fungsi washlet yang dapat menyemprotkan air, opsi pengeringan, serta memiliki pengatur suhu dudukan toilet yang sangat berguna pada saat musim dingin.

3. Bak Mandi Jepang

Negara Jepang mempunyai budaya yang sangat populer yaitu budaya mandi. Oleh karena itu, bak mandi mempunyai peran penting bagi orang Jepang yang harus dimiliki agar dapat menciptakan pengalaman mandi yang menyenangkan di rumah.

Bak mandi di Jepang biasanya mempunyai fitur untuk mengontrol suhu air yang canggih, serta memiliki fungsi pengisian air dan pemanasan secara otomatis.

Anda juga bisa mengatur timer kapan bak mandi harus siap digunakan kembali.

4. Pengering Mandi

Kamar mandi di Jepang juga dilengkapi dengan alat pengering yang bisa membantu anda mengeringkan pakaian dengan cepat, terutama pada saat musim penghujan tiba.

Alat pengering ini dapat meniupkan udara panas untuk membantu mengeringkan pakaian.

Biasanya, rumah-rumah Jepang modern mempunyai balkon rumah sebagai tempat pengering pakaian dengan cara digantung.

Namun, pada musim hujan dan udara menjadi lembab, pengering mandi bisa menjadi solusi dalam mengeringkan pakaian. 

5. Pemanggang Ikan

Jepang terkenal sebagai negara yang menyediakan banyak jenis hidangan ikan, pemanggang ikan adalah salah satu fitur standar di setiap rumah Jepang.

Pemanggang ini biasanya diletakkan di ruang terbuka serta mempunyai fungsi yang bukan hanya dapat digunakan untuk memanggang ikan dengan sempurna,akan tetapi juga dapat memanggang pizza, menghangatkan roti, atau memanggang sayuran.

6. Pintu Geser (Fusuma)

Pintu geser atau fusuma adalah desain paling khas dalam arsitektur tradisional Jepang. Meskipun desainnya cukup sederhana, pintu geser material kayu ini dapat membantu menghemat ruang dibandingkan dengan pintu berengsel.

Pada zaman dahulu, pintu-pintu ini dibuat dari kertas atau sutra, serta dilukis dengan gambar dan ditambahkan dekorasi artistik.

7. Kotatsu

Kotatsu adalah meja penghangat yang dilengkapi dengan futon atau selimut di atasnya yang biasanya masih dijumpai di rumah tradisional Jepang. Kotatsu menjadi peralatan yang sangat berguna pada saat musim dingin tiba agar pemilik rumah bisa tetap hangat dan nyaman.

Sampai saat ini, interior Jepang satu ini masih banyak digunakan serta dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko perabotan di Jepang.

8. Pendingin Ruangan Jepang

Pendingin ruangan rumah Jepang modern mempunyai fitur yang lebih dari sekadar pendingin atau penghangat.

Tak seperti kebanyakan pendingin ruangan, pendingin ruangan di rumah Jepang modern juga dilengkapi dengan teknologi dehumidifikasi untuk berbagai keperluan seperti menjaga kelembaban udara, pengeringan pakaian, pembersihan otomatis, dan berbagai pengaturan lainnya.

9. Ruang Penyimpanan di Lantai

Biasanya rumah di Jepang seringkali mempunyai sedikit ruang penyimpanan. Meski demikian, tidak sedikit rumah di Jepang dilengkapi dengan ruang penyimpanan di lantai.

Ruang penyimpanan di lantai ini mempunyai pintu kecil yang dapat dibongkar pasang. Di ruang penyimpanan, Anda bisa menyimpan barang-barang makanan, seperti beras, dengan jangka waktu yang lama.

Ruang penyimpanan di lantai ini biasanya terletak di dapur, kamar mandi, atau dalam lemari.

10. Bel Pintu dan Interkom Jepang

Bel pintu rumah di Jepang seringkali dilengkapi dengan kamera dan mikrofon yang langsung terhubung ke layar di dalam rumah sehingga memungkinkan pemilik rumah melihat dan berkomunikasi dengan orang yang sedang berada di depan pintu.

Adapun bel pintu yang terhubung ke sistem keamanan interkom yang dapat memberikan peringatan kepada polisi pada saat keadaan darurat.

Baca juga: Ketahui 7 Gaya Rumah Paling Populer di Era Ini

Inspirasi Rumah Bergaya Jepang

Inspirasi Rumah Bergaya Jepang

1. Furnitur yang Rendah

Rumah Jepang tradisional, biasanya kursi di dalam rumah Jepang tradisional cukup digantikan dengan bantal duduk yang lebar, akan tetapi saat ini banyak rumah modern yang mulai menggunakan kursi atau sofa dengan kaki yang rendah yang diletakkan di ruang keluarga.

 Kursi, sofa, dan meja pada ruangan utama mempunyai desain yang minimalis dengan kaki yang rendah sehingga penghuni rumah dapat menjejak lantai dengan mudah, bahkan dapat lesehan di lantai jika diinginkan.

Warna yang digunakan furniturnya pun termasuk netral sehingga terlihat serasi dengan interior rumah.

Gaya rumah Jepang biasanya juga mengusung palet warna alami yang hangat, seperti warna coklat dan krem khas warna kayu.

Tambahan warna lainnya, yaitu warna hijau dan abu-abu juga kerap digunakan dalam rumah Jepang.

Selain itu warna-warna terang tersebut pun makin terasa hangat ketika ditimpa cahaya matahari dari jendela.

2. Pencahayaan alami yang maksimal

Rumah gaya Jepang umumnya menggunakan cahaya alami di dalam rumah untuk memberikan kesan sederhana dan nyaman.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan cahaya alami dari sinar matahari, yaitu mulai dari menggunakan jendela besar, skylight, hingga penggunaan taman di dalam rumah.

3. Taman batu yang menenangkan

Taman batu merupakan salah satu fitur khas rumah di Jepang yang dapat menghadirkan kesan natural dan menenangkan.

Umumnya, taman batu ini terletak di bagian dalam rumah, atau bisa juga di tengah maupun samping.

Biasanya fitur ini menempatkan taman batunya di bagian samping rumah, dengan material panel kayu yang memagarinya supaya memberikan kesan privasi.

Taman batu terdiri dari material batu-batu yang disebarkan pada tanah dan ditambahkan tanaman bambu atau tanaman hijau yang simpel.

Selain membuat rumah tinggal Anda terasa indah, taman tersebut juga bisa membantu memberikan pencahayaan alami yang maksimal ke dalam rumah.

Baca juga: Rumah Compact, Solusi Hunian Millennial di Lahan Terbatas

Wujudkan Rumah Impian Anda Bersama Jababeka!

Jababeka memiliki berbagai macam tipe hunian, salah satunya adalah Paradiso Golf Villa. Tipe hunian ini mempunyai konsep yang unik, karena memadukan desain bergaya Jepang dan dibuat secara modern.

Tipe hunian ini menawarkan keindahan alam dari pepohonan yang rindang, sehingga suasananya terasa sejuk

Fasilitas dari tipe ini adalah lima kamar, lima kamar mandi, dan dua garasi. Dengan luas 27966 meter persegi, Anda dapat menikmati fasilitas yang lengkap dan sangat modern.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk perumahan yang dikembangkan oleh Jababeka Residence? Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut. 

ARE YOU INTERESTED

IT'S TIME TO DISCOVER

THE POTENTIAL

FIND US

ADDRESS:

Jababeka Center, Hollywood Plaza No. 10 – 12,
Jl. H. Usmar Ismail, Jababeka Cikarang, Bekasi 17550
Phone:

+62 21 893 4580 / 893 4570

E-mail:

info@jababekaresidence.com

download Jababeka residence application

Dapatkan informasi terbaru mengenai produk-produk Jababeka Residence, mulai dari rumah, ruko, apartemen hingga business loft dengan harga terjangkau.

ENQUIRE

    © Jababeka Residence. All rights reserved.