Rumah Compact, Solusi Hunian Millennial di Lahan Terbatas

Mendengar kata rumah compact, mungkin yang terlintas di pikiran Anda adalah rumah dengan lahan yang minim atau sempit. Lahan yang minim biasanya membuat orang berpikir dua kali untuk membangun rumah, atau membeli rumah pada lahan tersebut. Tak hanya lahan yang kecil, namun luas bangunan juga harus diperhatikan.

Namun siapa sangka bahwa rumah compact menjadi solusi bagi keluarga millenial, terutama yang baru menikah. Selain lahan yang terbatas, sebagai keluarga baru Anda tidak perlu mempersiapkan dana terlalu banyak untuk rumah yang besar. 

Untuk itu, pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait rumah compact bagi Anda. Mulai dari arti, keuntungan, dan ciri-ciri yang harus Anda pahami terkait rumah compact.

Rumah Compact, Solusi Hunian Millennial di Lahan Terbatas

Key takeaways:

  • Rumah compact adalah model rumah yang simple dengan ukuran kecil, serta memiliki lahan yang terbatas.
  • Salah satu keuntungan memiliki rumah compact yakni biaya perawatan yang murah.
  • Ciri-ciri rumah compact adalah tidak banyak perabot, nyaman, dan memiliki banyak cahaya.

Rumah Compact

Secara singkat, rumah compact memiliki arti yakni rumah minimalis yang berada di lahan terbatas. Selain itu, rumah compact mampu meminimalkan kebutuhan ruang dengan memprioritaskan beberapa fungsi rumah yang minimalis.

Tidak hanya menghasilkan hunian yang dinamis, rumah compact juga dibuat untuk menghemat lahan pemukiman serta mengurangi efek emisi rumah. Tipe rumah ini cocok bagi Anda yang tidak menyukai rumah besar. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika memiliki rumah compact.

Keuntungan Memiliki Rumah Compact

Keuntungan Memiliki Rumah Compact

1. Bangunan dengan Kualitas Bagus

Rumah compact biasanya dibangun dengan konstruksi yang memadai dan memiliki pemanfaatan ruang yang baik. Misalnya dengan menggabungkan dua ruangan menjadi satu, seperti dapur dan ruang makan.

Meskipun dibangun di lahan terbatas, tapi ukuran rumah dapat dibuat senyaman mungkin. Selain itu, rumah compact biasanya identik dengan minim sekat.

2. Biaya Perawatan yang Murah

Jika dibandingkan dengan rumah besar, rumah yang memiliki konsep compact house ternyata minim perawatan dan biaya. Karena itu, rumah minimalis yang satu ini cocok bagi Anda yang menerapkan gaya hidup serba praktis.

Selain itu, biaya listrik dan penggunaan perabot rumah dapat dimaksimalkan sesuai dengan kebutuhan.

3. Desain Rumah yang Kreatif

Berbeda dengan desain rumah pada umumnya, konsep compact house dibuat fungsional dengan memanfaatkan setiap sudut ruangannya. Sehingga, Anda tidak perlu melakukan banyak renovasi atau menaruh barang yang tidak perlu.

4. Harga Rumah yang Tidak Terlalu Mahal

Biasanya rumah compact memiliki ukuran sekitar 20 hingga 40 meter persegi, rumah tersebut memiliki harga yang relatif lebih murah. Jika Anda tidak berpikir untuk membeli lahan dan membangun rumah di atasnya, Anda bisa membeli rumah jadi.

Saat ini banyak perumahan yang menawarkan rumah dengan konsep rumah compact. Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot untuk membeli bahan-bahan yang digunakan untuk membangun rumah compact. 

5. Mempunyai Nilai Investasi 

Dengan melihat trend pasar rumah kecil minimalis saat ini, banyak orang mencari hunian tersebut untuk dijadikan tempat tinggal. Jika Anda memiliki compact house yang tidak dihuni, maka Anda dapat memaksimalkannya untuk kebutuhan bisnis sewa rumah. Hal tersebut bisa menjadi peluang investasi. 

Baca juga: Tips Memiliki Rumah Impian dengan Lokasi Strategis

Unsur Penting Rumah Compact

Unsur Penting Rumah Compact

Rumah compact memang sederhana dan tidak memakan banyak lahan, namun Anda tidak dapat sembarangan jika hendak membangunnya. Ada beberapa unsur yang harus diperhatikan. 

1. Coba Optimalkan Keterbatasan Lahan

Jenis hunian yang satu ini umumnya dirancang vertikal, dan memprioritaskan ruangan yang dianggap penting bagi calon penghuni rumah. Compact house dipenuhi dengan banyak ruangan yang dapat dioptimalisasi dengan menggunakan konsep sekat atau lantai mezzanine.

Mezzanine adalah bangunan sebagian terbuka atau tidak mencakup seluruh luasan gedung, sehingga terdapat ruang yang terbagi antara lantai di bawah dan langit. Dengan adanya mezzanine, Anda dapat menerapkan salah satu strategi efisiensi penggunaan lahan di dalam rumah.

2. Desain yang Simple

Setiap ruangan di compact house dirancang tanpa membatasi fungsi ataupun mengabaikan aspek estetika. Mengatur tata letak ruangan hingga posisi barang, juga penting untuk mempermudah Anda dalam menyusun setiap sudut ruangan rumah.

 3. Hindari Adanya Gudang

Berbeda dari kebanyakan rumah, desain compact house di Indonesia tidak mengenal adanya gudang sebagai tempat menyimpan barang. Hal ini dikarenakan gudang dapat mempersempit ruangan di dalamnya. 

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membangun ruangan kecil di bawah tangga sebagai gudang. Meski tidak besar, Anda masih dapat menyimpan barang-barang bekas. 

4. Menerapkan Produk Multifungsi

Rumah modern minimalis selalu mengedepankan fungsi produk dengan memaksimalkan perabotan rumah tangga. Dikarenakan terbatasnya ruangan yang tersedia, Anda harus bisa mengubah perabot menjadi multifungsi. Misalnya sofa yang dapat dijadikan sofa, sekaligus ranjang untuk tidur. 

Sehingga konsep produk multifungsi ini sangat cocok diterapkan di dalam compact house. Membuat satu produk biasa menjadi luar biasa, dan dapat berfungsi menjadi kebutuhan lainnya.

5. Didominasi dengan Warna Monokrom

Sentuhan minimalis pada compact house berhubungan dengan pemilihan warna, biasanya menggunakan warna monokrom. Alasannya yakni dapat memberikan kesan kontras yang dapat menyoroti setiap ruangan. 

Selain itu, warna ini juga dapat memancarkan suasana minimalis, nuansa tenang dan menciptakan ruang santai yang memikat. Karena hanya berfokus pada beberapa warna dan corak.

Baca juga: Ketahui 7 Gaya Rumah Paling Populer di Era Ini

Tips Membuat Rumah Compact yang Nyaman

Tips Membuat Rumah Compact yang Nyaman

Jika Anda masih kebingungan untuk menciptakan rasa nyaman pada rumah yang kecil, berikut tips yang bisa Anda ikuti.

1. Ciptakan Rumah yang Sederhana

Rumah yang sederhana berpatok pada design yang simple serta peletakan barang yang tidak berantakan. Pada dasarnya, rumah bergaya compact menerapkan sesuatu yang simpel, praktis, dan sederhana. Sehingga Anda tidak perlu ribet untuk merawat dan menjaga kebersihan rumah. Hal ini tercipta karena umumnya rumah compact diciptakan, untuk orang-orang yang menyukai sesuatu yang praktis dan tidak rumit. 

2. Terlihat Modern

Rumah compact umumnya memiliki kesan modern dan canggih. Kesan ini dipertegas dengan pengaplikasian dinding atau jendela kaca yang besar, di sekeliling rumah sehingga memberi kesan lebih modern.

Misalnya konsep loft yang memaksimalkan setiap sudut dan sisi ruang, memperlihatkan trik penataan yang modern, efektif, dan efisien.

3. Tak Banyak Perabot

Umumnya, pemilik hunian atau rumah compact memiliki lahan atau area ruang yang cukup terbatas. Hal ini membuat Anda harus meminimalkan penggunaan perabotan seminimal dan seefisien mungkin.

Hal ini bertujuan agar tidak membuat ruangan di dalam rumah mereka semakin terkesan sempit. Umumnya, perabotan yang dipilih memiliki sifat ringan dan tidak menghalangi pandangan. Sehingga dapat membuat ruangan terkesan lebih lapang dan luas.

4. Banyak Cahaya

Sisi bangunan di dalam rumah compact harus memiliki cahaya matahari yang lebih mudah masuk ke dalam rumah dengan maksimal. Tanpa adanya lampu atau cahaya tambahan, Anda tetap bisa merasakan cahaya masuk ke dalam rumah dari segala sudut.

Pengaplikasian lampu pada rumah compact dapat dibuat semaksimal dan sebaik mungkin. Mengingat, rumah yang memiliki banyak cahaya juga berpengaruh pada lancarnya sirkulasi udara.

Baca juga: 10 Jenis Desain Rumah Terpopuler yang Cocok untuk Hunian Anda!

Dapatkan Rumah Minimalis Modern Bersama Kota Jababeka

Jika Anda sudah memiliki pandangan terkait rumah compact dengan konsep modern, Anda harus melihat beberapa tipe rumah di bawah ini. Jababeka adalah sebuah kota yang berkembang secara pesat dengan berbagai pengembangan, didalamnya mulai dari kawasan hunian asri dan kawasan komersial strategis.

Selain itu juga didukung dengan fasilitas lengkap kelas dunia seperti lapangan golf internasional, pusat pendidikan bertaraf internasional, pusat kesehatan bertaraf nasional, serta pusat perbelanjaan premium.

  1. Ibuki
Ibuki Residence

Ibuki adalah salah satu cluster terbaru yang dirilis oleh Jababeka Residence & Mitsui Fudosan ASia di kawasan Mega Cluster Sport City, yang memiliki luas lebih dari 34 Ha Ibuki menghadirkan hunian kompak dengan sentuhan arsitektur tropis modern dan gaya bangunan Jepang modern.

Cluster ini memiliki layout ruang terbuka dengan konsep open space, dengan bukaan jendela yang berfungsi untuk menghadirkan kesegaran dan kenyamanan bagi penghuni rumah. Ibuki yang diambil dari bahasa Jepang yang berarti fresh breath dan memiliki makna filosofi cukup dalam yakni ”The New Beginnings and Fresh Start”.

  1. Paradiso Golf Villas
Paradiso Golf Villas

Jika Anda menyukai hunian dengan adanya nuansa danau di dekat rumah, tipe yang satu ini cocok untuk Anda dan keluarga. Paradiso Golf Villas adalah proyek joint venture mahakarya antara Jababeka Residence & Keihan Group.

Paradiso Golf Villas adalah hunian yang memiliki akses langsung ke lapangan golf internasional seluas 70 Ha (Jababeka Golf & Country Club). Dikelilingi oleh alam yang asri dan fasilitas kelas dunia, Paradiso Golf Villas menawarkan kemewahan hidup dengan desain yang elegan serta pemandangan yang menakjubkan.

Tertarik untuk mengetahui serta mempelajari lebih lanjut terkait Kota Jababeka? Segera kunjungi link ini untuk informasi lebih lanjut.

ARE YOU INTERESTED

IT'S TIME TO DISCOVER

THE POTENTIAL

FIND US

ADDRESS:

Jababeka Center, Hollywood Plaza No. 10 – 12,
Jl. H. Usmar Ismail, Jababeka Cikarang, Bekasi 17550
Phone:

+62 21 893 4580 / 893 4570

E-mail:

info@jababekaresidence.com

download Jababeka residence application

Dapatkan informasi terbaru mengenai produk-produk Jababeka Residence, mulai dari rumah, ruko, apartemen hingga business loft dengan harga terjangkau.

ENQUIRE

    © Jababeka Residence. All rights reserved.