Tips Memiliki Rumah Impian dengan Lokasi Strategis

Rumah impian adalah salah satu aset dambaan setiap orang, termasuk Anda. Seringkali rumah impian identik dengan pagar yang estetik hingga pintu masuk yang besar. Namun sebenarnya rumah impian bisa Anda dapatkan dengan mudah, tidak harus sesuai dengan ekspektasi di luar sana.

Anda bisa mulai mendapatkan rumah impian melalui tipe cluster. Setiap rumah dengan tipe cluster memiliki keunikan masing-masing. Mulai dari tipe rumah, teras yang terletak di belakang, dan lokasinya strategis.

Pada artikel ini, kami akan mengulas lebih dalam terkait rumah impian. Mulai dari tipe desain, kelebihan, hingga tips untuk mewujudkan rumah impian Anda.

Tips Memiliki Rumah Impian dengan Lokasi Strategis

Key takeaways:

  • Rumah impian merupakan cita-cita setiap orang, Anda bisa mewujudkannya melalui perumahan dengan tipe cluster.
  • Salah satu kelebihan memiliki rumah impian yakni adanya stabilitas dan ruang kreatif serta investasi masa depan.
  • Tipe desain yang bisa Anda adaptasi saat memiliki rumah impian adalah desain minimalis ala modern.

Rumah Impian

Rumah adalah tempat hunian yang nyaman untuk ditinggali bersama keluarga. Terlebih jika hunian yang hendak ditinggali lokasinya strategis. Ada kalanya Anda dan keluarga mendiskusikan tentang rumah yang hendak dibeli, tujuannya agar keluarga nyaman untuk tinggal di rumah tersebut.

Meski begitu jika Anda sudah memiliki pandangan, alangkah baiknya melakukan survei rumah. Sebelum membangun atau membeli rumah impian, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Terkait Rumah Impian

1. Ukuran atau Besar Rumah

Jumlah anggota keluarga yang akan tinggal di rumah Anda, akan menentukan ukuran rumah. Pertimbangkan juga anggota keluarga lain yang mungkin akan tinggal bersama Anda, misalnya orang tua.

2. Kelengkapan Rumah

Tidak hanya bagian luar rumah, Anda juga harus melihat hobi atau minat masing-masing anggota keluarga. Karena Anda harus menyiapkan ruangan khusus untuk hobi tersebut. 

3. Modal untuk Membeli atau Membangun Rumah

Salah satu hal utama sebelum membeli rumah, Anda harus memiliki modal untuk membeli maupun membangun rumah. Anda juga bisa mempelajari besaran bunga, simulasi cicilan, dan fitur home loan yang tersedia. 

4. Budget untuk Furniture Rumah

Jangan lupa untuk mempertimbangkan pendanaan dalam hal interior rumah Anda. Disarankan untuk membeli perabotan rumah tangga yang dibutuhkan, agar rumah Anda tidak terlihat penuh.

5. Utamakan Gaya Hidup yang Nyaman

Komitmen finansial untuk mewujudkan rumah impian tentu akan berdampak pada anggaran keuangan Anda. Namun, jangan lupa untuk berinvestasi pada properti yang akan menguntungkan di jangka panjang, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Baca juga: Ketahui 7 Gaya Rumah Paling Populer di Era Ini

Tips Mewujudkan Rumah Impian

Tips Mewujudkan Rumah Impian

1. Menentukan Tujuan

Sebelum mulai mengumpulkan dana untuk membangun rumah, hal yang perlu dipikirkan yakni tujuan. Apakah Anda ingin membeli rumah yang siap huni, atau membeli tanah terlebih dahulu. Perlu dipikirkan juga lokasi tempat Anda membeli atau membangun rumah. 

2. Perhitungan Dana yang Dibutuhkan

Setelah menentukan tujuan, selanjutnya Anda bisa mulai memperhitungkan dana yang dibutuhkan untuk membeli rumah siap huni atau membeli tanah dan membangun rumah sendiri. 

Perhatikan juga besarnya dana yang dibutuhkan secara cash maupun DP (down payment). Untuk mengetahui berapa dana yang akan dibutuhkan, Anda bisa melakukan riset melalui developer yang ada atau riset melalui internet. 

3. Mencari Penghasilan Tambahan

Tidak ada salahnya mencari penghasilan tambahan melalui bisnis atau melakukan pekerjaan sampingan, misalnya membuka catering di rumah untuk menambah tabungan Anda. Namun, perlu diingat bahwa pekerjaan sampingan tersebut jangan sampai mengganggu pekerjaan utama Anda.

Desain Rumah Impian yang Trendi

Desain Rumah Impian yang Trendi

1. Desain Rumah Klasik dengan Ruang Keluarga 

Rumah impian yang satu ini biasanya menggunakan konsep klasik dengan sentuhan kontemporer. Desain rumah dirancang dengan ruang santai untuk keluarga. Anda bisa mengisi ruang keluarga dengan memilih furniture yang komplit, serta sofa yang empuk. 

Kombinasi antara unsur-unsur modern akan dipertemukan dengan meja kayu. Perpaduan ini makin sempurna bila ditambah dengan jendela berukuran besar, membuat suasana ruang keluarga makin nyaman baik di pagi, siang, ataupun malam hari.

2. Desain Rumah dengan Ruangan Luas

Desain rumah dengan ruangan yang luas mengedepankan struktur yang simpel dan luas ruangan yang optimal. Tak ada banyak sekat antar ruangan, hal tersebut yang membuat desain rumah ini terlihat fleksibel. 

Tren desain rumah impian ini berfokus pada flow ruangan, Anda bisa menggunakan tema kebersamaan keluarga. Pencahayaan lampu berwarna putih hangat juga bisa menambahkan kesan tersebut. 

3. Hunian Dengan Desain Rumah Modern 

Inspirasi yang satu ini cocok diaplikasikan untuk sebuah keluarga yang sudah terbiasa dengan gaya hidup modern ala perkotaan. Misalnya dengan koridor memanjang membuat desain rumah ini memiliki ruangan depan yang ditata sempurna, dengan bilik-bilik kamar sesuai kebutuhan anggota keluarga. 

4. Desain Rumah dengan Gaya Santai 

Konsep ruangan dengan menggunakan area lantai, adalah salah satu ide desain rumah impian keluarga yang banyak diadaptasi. Cocok untuk keluarga kecil dengan anak-anak. 

Rumah ini didesain menggunakan lantai kayu yang dilapisi dengan karpet bergaya minimalis. Anda juga bisa menambahkan aneka kursi, seperti kursi lesehan, stool kecil, atau bean bag untuk acara santai bersama.

5. Dapur Khusus Bergaya Atap Kayu

Dapur minimalis modern juga menjadi salah satu tren desain rumah impian masa kini. Terlebih, dapur dengan struktur atap kayu yang unik dan berkarakter. Tata furniture juga menarik, memakai meja kayu panjang sebagai meja makan keluarga dengan desain dapur terbuka, menampilkan susunan oven minimalis dan countertop dapur.

Baca juga: 8 Gaya Desain Interior Rumah Incaran Milenial

Keuntungan Memiliki Rumah Impian

Rumah impian tidak harus diwujudkan saat Anda sudah berkeluarga, Anda dapat mewujudkannya mulai dari sekarang atau saat di usia muda. Berikut beberapa keuntungan memiliki rumah di usia muda.

1. Keuntungan Finansial Jangka Panjang

Seiring berjalannya waktu, nilai rumah Anda kemungkinan akan meningkat dan Anda bisa menjualnya kapan saja. Hal ini juga bisa menjadi modal untuk pembelian rumah yang lebih besar atau investasi lainnya.

2. Stabilitas dan Ruang Kreatif

Dengan memiliki rumah yang nyaman, Anda dapat memberikan rasa stabilitas. Anda bisa merencanakan kehidupan Anda dengan lebih baik, karena Anda memiliki kendali atas tempat tinggal Anda.

Selain itu, Anda juga bebas untuk menyesuaikan ruang sesuai keinginan Anda. Anda dapat merenovasi, mengganti dekorasi, atau membuat perubahan lain sesuai selera Anda tanpa perlu izin pemilik atau aturan sewa yang ketat.

3. Mengurangi Beban Keuangan

Dengan memiliki rumah, Anda memiliki kepastian tentang apa yang harus Anda bayarkan setiap bulan. Selain itu, harga sewa di banyak daerah cenderung terus meningkat seiring waktu. Jika Anda memiliki rumah, tidak perlu khawatir tentang kenaikan harga sewa yang dapat mempengaruhi keuangan Anda.

4. Kebebasan dan Kepemilikan

Anda memiliki kendali penuh atas rumah Anda. Anda perlu merawat rumah Anda dan menjaga propertinya dalam kondisi baik, hal tersebut merupakan salah satu investasi berharga untuk masa depan.

Wujudkan Rumah Impian Bersama Kota Jababeka

Apakah Anda sudah menyiapkan dana untuk membeli rumah impian, tipe apa yang hendak Anda beli? Berikut rekomendasi cluster di Kota Jababeka yang cocok untuk Anda dan keluarga.

1. Sevilla Townhouse

Sevilla Townhouse

Sevilla Townhouse adalah cluster terbaru dari Jababeka residence, di kawasan superblok Sport City seluas 21 hektar. Rumah ini dilengkapi dengan 2 Lantai, 3 Kamar tidur, dan 2 Kamar Mandi. 

Fasilitas olahraga dalam cluster mencakup outdoor sport area, children playground dan lain-lain. Selain itu juga ada fasilitas dalam kawasan Jababeka Residence. Yakni pusat perbelanjaan, pusat lifestyle, dan sekolah.

2. Monaco Townhouse

Monaco Townhouse

Monaco Town House merupakan salah satu cluster residential modern, yang berada di tengah kawasan superblok Sport City Jababeka. Kawasan superblok dengan konsep residensial, komersial & fasilitas sport di kawasan terpadu seluas 21 Ha di lokasi strategis di dalam Kota Jababeka, sebuah kota mandiri terbesar di Indonesia seluas 5600 Ha.

Apakah Anda tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut terkait Kota Jababeka?  Kunjungi link ini untuk informasi lebih lanjut.

ARE YOU INTERESTED

IT'S TIME TO DISCOVER

THE POTENTIAL

FIND US

ADDRESS:

Jababeka Center, Hollywood Plaza No. 10 – 12,
Jl. H. Usmar Ismail, Jababeka Cikarang, Bekasi 17550
Phone:

+62 21 893 4580 / 893 4570

E-mail:

info@jababekaresidence.com

download Jababeka residence application

Dapatkan informasi terbaru mengenai produk-produk Jababeka Residence, mulai dari rumah, ruko, apartemen hingga business loft dengan harga terjangkau.

ENQUIRE

    © Jababeka Residence. All rights reserved.