Pertimbangkan Hal-Hal Berikut Sebelum Renovasi Rumah

Untuk mempercantik tampilan hunian, renovasi rumah adalah salah satu kegiatan yang tepat untuk dilakukan untuk memperbarui tampilan rumah. Hal ini terutama untuk rumah yang sudah lama Anda tempati.

Renovasi rumah merupakan sebuah proses atau kegiatan memperbaiki, meremajakan, merombak, atau menyempurnakan struktur atau bentuk rumah. Dengan melakukan renovasi rumah, Anda dapat menambah umur hunian agar bisa bertahan lebih lama, bahkan hingga diwariskan kepada generasi berikutnya.

Meskipun mungkin merupakan hal yang tepat dilakukan untuk menambah usia rumah, sayangnya renovasi rumah membutuhkan biaya yang tidak kecil. Biaya renovasi rumah ini biasanya membuat orang-orang mengurungkan niat untuk merenovasi rumah.

Oleh karena itu, dibutuhkan perencanaan renovasi rumah yang matang dan rinci agar dapat memperkirakan biaya renovasi rumah yang diperlukan agar renovasi rumah bisa sesuai keinginan.

Pada artikel berikut, kami akan membahas hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan saat menyusun rencana renovasi rumah.

Pertimbangkan Hal-Hal Berikut Sebelum Renovasi Rumah

Key Takeaways: 

  • Untuk mempercantik tampilan hunian, renovasi rumah adalah salah satu kegiatan yang tepat untuk dilakukan untuk memperbarui tampilan rumah.
  • Renovasi rumah merupakan sebuah proses atau kegiatan memperbaiki, meremajakan, merombak, atau menyempurnakan struktur atau bentuk rumah.
  • Meskipun mungkin merupakan hal yang tepat dilakukan untuk menambah usia rumah, sayangnya renovasi rumah membutuhkan biaya yang tidak kecil. 

Tips-Tips Hal yang Perlu Dipertimbangkan untuk Renovasi Rumah

Sebelum merenovasi rumah, perhatikan hal-hal berikut untuk membuat rencana renovasi rumah yang matang.

Tips-Tips Hal yang Perlu Dipertimbangkan untuk Renovasi Rumah

1. Perencanaan Renovasi yang Matang

Hal yang paling pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai proses renovasi rumah adalah membuat perencanaan renovasi rumah. Seperti halnya saat membeli atau membangun rumah baru, Anda perlu melakukan konsultasi dengan tenaga profesional terlebih dahulu tentang gambaran rumah idaman sebelum merenovasi rumah.

Proses konsultasi ini diperlukan agar Anda dapat memastikan gambaran rumah idaman yang Anda miliki dapat terlihat secara konkret, meskipun dalam sketsa 2D atau 3D. Lakukan konsultasi kepada pihak-pihak yang ahli di bidangnya, termasuk arsitek dan desainer interior.

Selain itu, perhatikan juga material yang akan digunakan karena material yang dipilih untuk rumah berperan penting dalam menjaga kondisi rumah agar lebih awet. Mintalah estimasi harga material dari para ahli di bidang renovasi rumah. Anda dapat mencari referensi lain untuk mendapat penawaran atau ide desain rumah yang lebih sesuai sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Estimasi Biaya Renovasi Rumah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, renovasi rumah adalah suatu proses yang melibatkan biaya yang tidak kecil. Ada banyak biaya yang perlu Anda libatkan saat melakukan proyek renovasi rumah.

Untuk menjaga agar tidak over budget, Anda dapat membuat perencanaan anggaran yang matang sebelum merenovasi rumah. Dalam menyusun anggaran tersebut, ada beberapa biaya renovasi rumah yang dapat disertakan, antara lain:

a. Biaya Jasa Tukang

Biaya yang pertama adalah biaya jasa tukang. Jasa tukang bangunan untuk renovasi rumah dapat dibayarkan dengan beberapa macam sistem, antara lain sistem harian, borongan jasa, dan borongan penuh.

Biaya tukang borongan harian biasanya hanya mencakup biaya jasa tenaga kerja yang akan melakukan proyek renovasi rumah. Sedangkan untuk biaya borongan jasa akan dihitung berdasarkan luas proyek renovasi rumah.

Sistem pembayaran yang terakhir adalah pembayaran borongan penuh yang meliputi biaya jasa dan material. Dengan sistem pembayaran yang satu ini, Anda tidak perlu repot-repot membeli bahan bangunan yang diperlukan karena sudah termasuk.

Biaya ini akan sangat tergantung pada jenis bahan material yang dipilih, karena semakin berkualitas bahan bangunan yang dipilih, maka semakin mahal juga harga yang harus dibayarkan.

b. Biaya Tanah dan Bangunan

Seringkali renovasi rumah melibatkan penambahan luas tanah, misalnya menambah jumlah kamar mandi atau kamar tidur di rumah. Untuk rencana renovasi ini, maka Anda juga perlu menghitung biaya membeli tanah.

Namun, jika Anda tidak membutuhkan perluasan tanah dalam proses renovasi, maka biaya ini tidak perlu dimasukkan ke dalam anggaran renovasi Anda.

c. Biaya Lain-lain

Dalam estimasi biaya renovasi rumah, penting juga bagi Sobat Jababeka untuk mempersiapkan biaya cadangan untuk kemungkinan akan hal-hal yang di luar perkiraan. Misalnya, jika ada harga material yang naik di tengah-tengah proses pengerjaan, maka Anda perlu menyiapkan dana lebih.

Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan dana darurat untuk mengantisipasi kondisi-kondisi ini. Minimal persiapkan dana tambahan sebesar 10% dari total biaya renovasi rumah yang sudah masuk ke dalam estimasi.

3. Riset Harga Bahan Bangunan dan Tukang

Harga material dan tukang menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam melakukan renovasi rumah. Biaya ini akan mempengaruhi biaya renovasi rumah dengan signifikan. Penting bagi Sobat Jababeka untuk melakukan riset mendalam mengenai harga material bangunan dan biaya jasa tukang.

Riset Harga Bahan Bangunan dan Tukang

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai harga bahan bangunan dan tukang.

  • Kunjungi beberapa toko bangunan untuk mendapatkan gambaran kisaran harga dari berbagai bahan bangunan dan material.
  • Konsultasikan kepada ahli, seperti arsitek atau kontraktor berpengalaman untuk mendapatkan saran terkait pilihan material yang berkualitas dan ekonomis.
  • Riset harga pasar melalui internet untuk membandingkan harga toko dan mencari toko dengan penawaran diskon terbaik.
  • Mencari informasi lebih banyak dengan bergabung ke dalam komunitas atau forum online yang membahas topik renovasi rumah untuk mencari tahu informasi terkait harga dan kualitas material.

Selain mencari tahu mengenai harga material, memilih tukang atau kontraktor yang tepat juga sangat penting dalam renovasi. Pilihlah tukang atau kontraktor yang berpengalaman dan masih dalam anggaran yang sudah Anda tentukan untuk renovasi.

Mintalah referensi dari teman atau keluarga yang sebelumnya sudah pernah melakukan renovasi. Periksalah portfolio pekerjaan yang sebelumnya sudah dikerjakan oleh kontraktor. Sebelum proyek dimulai, pastikan Anda sudah membuat kesepakatan terkait biaya atau tarif tukang, jadwal kerja, dan lainnya secara tertulis. Negosiasikan harga agar Anda dapat menghemat.

4. Tentukan Prioritas Renovasi

Salah satu hal lain yang perlu Anda pertimbangkan saat merencanakan renovasi adalah prioritas renovasi. Ada kalanya renovasi beberapa bagian rumah secara bersamaan dapat menghemat waktu yang diperlukan untuk merenovasi rumah, namun biaya yang diperlukan tentu lebih besar juga.

Untuk itu, Anda bisa melakukan renovasi rumah secara bertahap dengan menentukan skala prioritas renovasi dengan jelas. Tentukan area atau ruangan mana saja yang membutuhkan renovasi agar Anda dapat mencegah pengeluaran yang tidak perlu. Buatlah daftar dari semua renovasi yang ingin dan perlu Anda lakukan, lalu prioritaskan berdasarkan kebutuhan dan dana yang Anda miliki.

Misalnya, Anda ingin mengubah dekorasi ruang tamu agar membuat rumah terlihat lebih segar, tetapi di sisi lain, Anda juga ingin merenovasi lantai kamar mandi yang pecah. Di antara kedua pilihan ini, tentu perbaikan pada kamar mandi lebih penting untuk didahului.

Baca juga: Ketahui 7 Gaya Rumah Paling Populer di Era Ini

Nikmati Rumah Nyaman di Jababeka Residence

Nikmati Rumah Nyaman di Jababeka Residence

Jika Anda ingin tinggal di rumah nyaman dengan lokasi strategis tanpa perlu pusing akan renovasi rumah, maka Jababeka Residence menyediakan solusi yang tepat bagi Anda.

Jababeka Residence adalah perumahan yang terletak di Kota Jababeka. Kota Jababeka merupakan sebuah kota mandiri yang terletak 40 menit dari pusat kota Jakarta. Kota mandiri ini memiliki letak yang strategis yang menjadikannya pusat perekonomian Indonesia dan solusi destinasi hunian, bisnis, dan investasi terbaik di koridor Timur Jakarta.

Kraton Residence adalah salah satu pilihan rumah yang nyaman bagi Anda yang terletak di pusat Jababeka Residence. Cluster premium terbaru di Jababeka Residence ini hadir dengan konsep hunian asri nan nyaman dengan desain tropis, modern, dan minimalis.

Perumahan ini sudah dilengkapi dengan fitur Smart Home dan aplikasi Green Building System untuk meningkatkan kenyamanan penghuni. Selain itu, letaknya yang strategis yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas akan memanjakan para penghuninya. Mulai dari private clubhouse, sport center, health center, dan lain-lain, Sobat Jababeka dapat menikmati berbagai fasilitas di Kraton Residence.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk-produk properti di Jababeka Residence? Klik link ini untuk mempelajari lebih lanjut. 

Baca juga: 8 Gaya Desain Interior Rumah Incaran Milenial

ARE YOU INTERESTED

IT'S TIME TO DISCOVER

THE POTENTIAL

FIND US

ADDRESS:

Jababeka Center, Hollywood Plaza No. 10 – 12,
Jl. H. Usmar Ismail, Jababeka Cikarang, Bekasi 17550
Phone:

+62 21 893 4580 / 893 4570

E-mail:

info@jababekaresidence.com

download Jababeka residence application

Dapatkan informasi terbaru mengenai produk-produk Jababeka Residence, mulai dari rumah, ruko, apartemen hingga business loft dengan harga terjangkau.

ENQUIRE

    © Jababeka Residence. All rights reserved.