Simak Tips Memilih Lokasi Usaha untuk Mengembangkan Bisnis

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi operasional bisnis, termasuk salah satunya adalah lokasi usaha. Lokasi bisnis akan menjadi tempat usaha melakukan aktivitas operasionalnya dan melakukan kegiatan menghasilkan barang, jasa, serta tempat yang dikunjungi konsumen untuk datang dan berbelanja.

Lokasi usaha yang tepat adalah salah satu faktor penting dalam menentukan kesuksesan suatu bisnis. Kelangsungan dan perkembangan bisnis sangat ditentukan oleh berbagai aspek di lingkungan sekitar. Untuk itu, pebisnis harus melakukan pemilihan lokasi usaha dengan cermat dan teliti.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut manfaat memilih lokasi yang strategis untuk usaha dan tips-tips menentukan lokasi usaha yang strategis.

Simak Tips Memilih Lokasi Usaha untuk Mengembangkan Bisnis

Key Takeaways: 

  • Lokasi bisnis akan menjadi tempat usaha melakukan aktivitas operasionalnya dan melakukan kegiatan menghasilkan barang, jasa, serta tempat yang dikunjungi konsumen untuk datang dan berbelanja.
  • Lokasi usaha yang tepat adalah salah satu faktor penting dalam menentukan kesuksesan suatu bisnis.
  • Lokasi bisnis yang strategis akan membantu Anda mengurangi pengeluaran karena Anda tidak perlu membayar lebih untuk biaya pengiriman.

Manfaat Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Ketika membuka suatu usaha, lokasi bisnis akan menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi penjualan bisnis. Berikut adalah beberapa keuntungan memilih lokasi usaha yang strategis.

Manfaat Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

1. Mempermudah Pemasaran

Umumnya, lokasi usaha yang strategis adalah lokasi yang sering dilewati oleh banyak orang. Hal ini kemudian dapat membantu mempermudah pemasaran produk atau jasa yang ditawarkan.

Dengan memilih lokasi usaha yang strategis, Anda dapat memudahkan konsumen dan calon investor untuk menjangkau dan juga berinteraksi dengan perusahaan Anda. Dengan begitu, pemasaran dapat dilakukan dengan baik yang kemudian akan meningkatkan keuntungan.

2. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Salah satu manfaat utama dari membuka usaha di daerah yang strategis adalah Anda dapat meningkatkan keuntungan atau profit perusahaan.

Pemasaran yang baik dapat meningkatkan profit perusahaan. Lokasi perusahaan yang strategis dan mudah ditemukan akan membuat perusahaan memiliki kesan yang lebih profesional, sehingga target pasar lebih tertarik untuk membeli produk Anda dan target penjualan yang meningkat.

3. Mudah Diakses

Lokasi yang strategis adalah lokasi yang memiliki jalur transportasi yang mudah diakses, baik untuk konsumen maupun perusahaan. Jalur transportasi yang mudah diakses akan mendukung dan memberikan kemudahan bagi pegawai untuk memenuhi keperluan perusahaan.

Hal ini juga akan memberikan kemudahan bagi para klien atau stakeholder lain untuk mengunjungi kantor Anda untuk melakukan kerja sama.

4. Mengurangi Biaya Keperluan Operasional

Dengan memilih lokasi usaha yang strategis dengan lokasi yang mudah diakses, Sobat Jababeka juga dapat mengurangi biaya operasional yang dikeluarkan.

Jika Anda memilih lokasi yang sulit diakses oleh relasi bisnis dan masyarakat, Anda perlu mempertimbangkan dan mengeluarkan biaya operasional yang lebih besar. Misalnya, untuk pengiriman barang dan dokumen atau biaya transportasi untuk mendapatkan bahan baku.

Lokasi bisnis yang strategis akan membantu Anda mengurangi pengeluaran karena Anda tidak perlu membayar lebih untuk biaya pengiriman.

Baca juga: Kenali 13 Kunci Sukses Bisnis Yang Bisa Anda Terapkan

7 Tips Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis

7 Tips Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis

Ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menentukan lokasi usaha yang paling strategis untuk bisnis Anda, yaitu sebagai berikut.

1. Menentukan Target Pasar

Menentukan target produk atau bisnis Anda adalah hal utama yang wajib Anda lakukan saat memilih lokasi usaha. Dengan menentukan target pasar, Anda dapat mempersempit pilihan lokasi usaha yang paling tepat sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Ada beberapa faktor penting dalam menentukan demografi konsumen, termasuk jenis kelamin, usia, dan tingkat pendapatan. Pastikan Anda menentukan demografi konsumen target pasar Anda agar target pasar yang Anda pilih terfokus, sehingga lokasi bisnis yang ada juga semakin mengerucut.

2. Memperhatikan Tingkat Keramaian Lokasi Usaha

Selain target pasar, penting juga bagi pebisnis untuk memperhatikan tingkat keramaian dan mobilitas di lokasi bisnis. Setiap pemilik usaha pasti ingin membuka usaha di lokasi yang dilalui oleh banyak orang.

Lokasi dengan tingkat keramaian dan mobilitas yang tinggi akan meningkatkan kesempatan orang untuk mengunjungi lokasi usaha Anda.

Saat melakukan pemilihan, perhatikan apakah lokasi tersebut terhalang oleh gedung atau infrastruktur lain. Keberadaan gedung atau infrastruktur lain ini dapat membuat orang tidak sadar akan keberadaan usaha Anda, meskipun berada di lokasi yang ramai sekalipun.

3. Memeriksa Aksesibilitas Transportasi

Salah satu tips jitu lainnya dalam memilih lokasi usaha adalah untuk memeriksa aksesibilitas transportasi pada lokasi. Tips ini berlaku untuk jenis usaha apapun, baik kuliner, peralatan tulis, barang elektronik, hingga coffee shop.

Selain tempat dengan tingkat keramaian tinggi, lokasi yang mudah dijangkau dengan transportasi juga akan mendatangkan lebih banyak pengunjung.

Pilih lokasi bisnis yang dekat dengan akses transportasi umum, seperti halte bus atau stasiun KRL, karena tips ini akan memudahkan pelanggan untuk datang dan juga memudahkan Anda dan karyawan untuk tidak perlu membawa kendaraan pribadi. Anda juga dapat menyediakan tempat parkir untuk menaruh kendaraan bermotor jika lokasi usaha memiliki jalan yang luas.

4. Memperhatikan Kompetitor di Sekitar Lokasi Bisnis

Sebelum menentukan lokasi usaha, Anda dapat memperhatikan keberadaan kompetitor yang sudah terlebih dahulu berdiri disana. Hal ini dapat menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan lokasi usaha untuk memilih lokasi dengan tingkat persaingan yang rendah.

Jika hal tersebut tidak memungkinkan, maka Anda dapat menerapkan strategi lain, yaitu dengan mendirikan bisnis di sebelah bisnis lain yang memiliki jenis produk yang berbeda. Misalnya, jika Anda menjual kopi, maka Anda dapat mendirikan toko Anda di sebelah toko yang menjual peralatan tulis. Strategi ini juga dapat membantu Anda menarik pengunjung dari toko tersebut.

5. Mempertimbangkan Ukuran Lokasi Berbisnis

Selain berbagai faktor yang sudah disebutkan di atas, ukuran tempat usaha yang ingin Anda jalankan juga sangat penting untuk dijadikan pertimbangan.

Luas tempat yang memadai juga merupakan salah satu faktor penentu lokasi usaha yang strategis. Hal ini dapat mempengaruhi pengalaman belanja dari para konsumen, karena pelanggan dapat menjadi tidak nyaman bila luas bisnis terlalu kecil.

Namun, luas area yang terlalu besar juga tidak baik untuk membuka usaha. Tempat usaha yang terlalu luas juga membutuhkan perawatan yang lebih besar, yang kemudian tidak menguntungkan bagi bisnis.

6. Memperhatikan Jarak Lokasi Bisnis dengan Tempat Bahan Baku

Penting bagi para pelaku bisnis di bidang non-jasa untuk memperhatikan jarak lokasi bisnis dengan tempat bahan baku. Pastikan tempat usaha tidak terlalu jauh dari tempat bahan baku, agar Anda tidak perlu menyiapkan dana tambahan yang terlalu besar untuk biaya pengiriman bahan baku.

Jika pemilihan lokasi bisnis yang jauh dari tempat bahan baku tidak dapat dihindari, maka Sobat Jababeka dapat menerapkan prinsip opportunity cost. Dengan prinsip ini, Anda dapat memastikan bahwa produk atau usaha dapat menghasilkan keuntungan besar untuk menutupi biaya tambahan yang digunakan untuk biaya pengiriman.

7. Memperhatikan Kebersihan Lingkungan Sekitar

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan lokasi bisnis adalah kebersihan lingkungan di sekitar lokasi. Konsumen akan lebih tertarik untuk mengunjungi lokasi bisnis yang bersih, rapi, dan tertata dengan baik.

Anda dapat menghindari pemilihan lokasi bisnis yang dekat dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) atau tempat dengan bau menyengat lainnya. Perhatikan juga apakah usaha yang berada di sekitar Anda menghasilkan limbah yang mengganggu atau tidak.

Baca juga: 10 Strategi Efektif Cara Memulai Usaha Baru untuk Pemula

Jababeka Residence: Lokasi Usaha yang Strategis untuk Bisnis

Jababeka Residence: Lokasi Usaha yang Strategis untuk Bisnis

Kini setelah Anda mengetahui berbagai tips memilih lokasi usaha yang strategis, Anda siap untuk memilih lokasi yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Jababeka adalah lokasi usaha yang tepat bagi para pebisnis yang ingin memperoleh keuntungan maksimal.

Sebagai kota mandiri yang terletak 40 menit dari pusat Kota Jakarta, Kota Jababeka sudah menjadi pilihan lokasi berbisnis untuk lebih dari 2000 perusahaan nasional dan multinasional.

Salah satu lokasi usaha yang paling strategis di Jababeka adalah Ruko Wimbledon. Ruko Wimbledon merupakan proyek kawasan komersial kolaborasi antara Jababeka Residence dengan Mitsui Fudosan Asia, developer ternama dari Jepang.

Dengan captive market yang besar yang mencapai hingga sekitar 2000 perusahaan ternama, Ruko Wimbledon adalah salah satu lokasi bisnis yang sangat populer baik untuk bisnis nasional maupun mancanegara. Lokasinya yang sangat strategis juga menjadikannya pilihan lokasi berbisnis yang sangat strategis, yaitu akses utama menuju jalur Pantura yang memiliki traffic tinggi dan dekat dengan Stasiun Cikarang.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Kota Jababeka? Pelajari lebih lanjut melalui website kami dan temukan lokasi usaha yang paling tepat untuk mengembangkan usaha Anda!

ARE YOU INTERESTED

IT'S TIME TO DISCOVER

THE POTENTIAL

FIND US

ADDRESS:

Jababeka Center, Hollywood Plaza No. 10 – 12,
Jl. H. Usmar Ismail, Jababeka Cikarang, Bekasi 17550
Phone:

+62 21 893 4580 / 893 4570

E-mail:

info@jababekaresidence.com

download Jababeka residence application

Dapatkan informasi terbaru mengenai produk-produk Jababeka Residence, mulai dari rumah, ruko, apartemen hingga business loft dengan harga terjangkau.

ENQUIRE

    © Jababeka Residence. All rights reserved.