Rekomendasi Makanan Khas Bekasi yang Wajib Anda Cicipi!

Kota Bekasi merupakan salah satu kota metropolitan yang memiliki pembangunan pesat, salah satunya dengan kehadiran pusat perbelanjaan, apartemen, pusat hiburan hingga sarana kesehatan.

Tidak hanya terkenal dalam bidang industri, berkunjung ke Kota Bekasi juga kaya akan budaya. Percampuran antara budaya Betawi, Sunda, dan suku-suku lainnya membentuk karakter kota yang unik.

Mungkin Anda belum tahu bahwa berkunjung ke Kota Bekasi selain sebagai kota industri, juga memiliki makanan khas yang lezat dan bervariasi. Buat Anda yang suka wisata kuliner khas, jangan sampai melewatkan makanan khas Bekasi dan kue khas Bekasi. Tidak hanya makanannya yang lezat, buah tangan dari kota ini juga nikmat dengan campuran berbagai suku.

Berikut terdapat beberapa rekomendasi makanan khas Kota Bekasi yang bisa memanjakan lidah Anda dan cocok sebagai oleh-oleh khas Bekasi.

Rekomendasi Makanan Khas Bekasi yang Wajib Anda Cicipi!

Key Takeaways

  • Kota Bekasi ternyata menyimpan segudang kuliner khas yang lezat, salah satu kuliner yang memiliki nama unik adalah sop janda. Nama yang unik ini diambil dari singkatan Jawa-Sunda.
  • Selain kuliner khas yang lezat, Bekasi juga memiliki buah tangan yang khas yaitu Dodol Betawi. Biasanya dodol ini dijual di pusat oleh-oleh Bekas atau toko souvenir dengan harga yang cukup murah.

10 Makanan Khas Bekasi yang Wajib Anda dan Keluarga Coba!

1. Sop Janda

10 Makanan Khas Bekasi yang Wajib Anda dan Keluarga Coba!

Makanan khas bekasi yang pertama adalah sop janda, janda yang dimaksud dalam hal ini bukan janda biasa. Melainkan gabungan dari Jawa-Sunda yang menjadi ciri dari Kota Bekasi.

Dibalik nama yang unik, sop janda memiliki bahan-bahan seperti daging sapi dan tulang sapi. Dibalut dengan bumbu dan cabai hijau yang membuat makanan khas ini memiliki rasa yang gurih dan menyegarkan.

Sekilas hampir mirip dengan sop buntut atau sop lainnya, Anda akan merasakan perbedaannya saat mulai mencobanya. Rasa dari kaldu sop ini sangat kental, karena bumbu yang digunakan saat proses memasak.

Ditambah lagi dengan daging serta tulang sapi berkualitas yang dimasukkan supaya menambah kenikmatan kuliner ini. Kuah yang pedas juga memberikan aroma khas dan makin lezat bila dinikmati saat masih panas-panasnya.

Salah satu sop janda yang banyak orang kunjungi terletak di Jl. H. Mad. Boich Idris, Cikarang tepatnya di Warung Sop Janda Ibu Darmi. Satu mangkuk penuh berisi iga sapi ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp45.000,00 lengkap dengan nasi sepuasnya.

2. Sayur Gabus Pucung

Makanan khas yang kedua adalah sayur gabus pucung, salah satu makanan khas bekasi yang satu ini menggunakan bahan utama berupa pucung atau sejenis tanaman umbi-umbian yang biasanya diolah menjadi hidangan sayur. Selain itu, sayur gabus pucung menggunakan ikan gabus yang dimasak dengan berbagai bumbu dan dimasak dengan kuah yang mirip dengan rawon.

Untuk Anda yang ingin mencicipi makanan khas Bekasi yang lezat ini, bisa langsung mengunjungi warung makan sayur ikan gabus pucung yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, km 32, nomor 18A, Kelurahan Harapanmulya, Kecamatan Medansatria. Warung makan sayur gabus pucung Ibu Nana dibandrol dengan harga Rp.45.000 untuk ikan gabus pucung buntut, sedangkan sayur gabus pucung kepala Rp.65.000.

Biasanya warung makan ini akan ramai pada jam-jam istirahat dan jumat pagi, sedangkan untuk hari minggu cenderung sepi. Jam operasional warung makan dimulai pukul 06.00 sampai dengan 17.00 WIB.

3. Bandeng Rorod

Mungkin salah satu makanan khas bekasi ini masih terdengar asing di telinga Anda, karena biasanya orang-orang hanya mengenal bandeng presto. Sebenarnya bandeng presto dan bandeng rorod hampir serupa, namun bedanya ikan bandeng rorod dimasak tanpa tulang atau duri di dalam olahan bandengnya.

Bandeng rorod, makanan khas bekasi ini menggunakan bumbu dalam proses pengolahannya sehingga menambah cita rasa yang khas dan nikmat. Biasanya dikemas dengan bentuk yang praktis, tiap kemasan berisi dua sampai empat bandeng.

Makanan khas Bekasi ini biasanya digunakan untuk oleh-oleh, Anda tidak perlu khawatir akan ketahanan bandeng ini. Cara pengolahan dengan teknik khusus membuat bandeng mampu bertahan cukup lama. Jadi Anda bisa menikmatinya di rumah sebagai lauk tanpa takut basi atau berjamur.

Bandeng rorod dibandrol dengan harga yang cukup ramah di kantong, mulai dari Rp.30.000 per kotaknya Anda bisa mendapatkan makanan khas Bekasi yang nikmat. Makanan khas Bekasi ini cocok digunakan sebagai oleh-oleh ataupun makan bersama keluarga.

4. Kue Biji Ketapang

kue Biji ketapang adalah kue legendaris dari Betawi, kue kering ini memiliki bentuk persis seperti biji buah ketapang yang bulat lonjong dengan tekstur agak keras. Kue biji ketapang terbuat dari campuran adonan terigu, telur, santan, margarin, dan lainnya.

Adonan yang sudah tercampur dimasukkan dalam penggorengan, kemudian dibentuk potongan kecil menyerupai kacang. Kemudian Jadilah Kue biji Ketapang yang siap untuk disantap.

5. Bir Pletok

Bir pletok adalah minuman yang terbuat dari campuran rempah-rempah seperti jahe, pala, daun pandan wangi, lada, kayu manis, cengkeh,dan serai. Berbanding terbalik dengan namanya, minuman ini tidak ada campuran alkohol dan justru mempunyai khasiat untuk tubuh karena terbuat dari rempah herbal.

Racikan jahe, serai, pandan, kayu secang serta rempah lain di dalam bir ini dapat menghangatkan badan dan menjaga kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tetap sehat dan hangat tanpa ada efek samping yang dapat  merusak badan atau membuat mabuk seperti bir pada umumnya.

Untuk membelinya pun cukup mudah, Anda dapat membeli di toko pusat oleh-oleh Bekasi. Untuk bir pletok dengan kemasan botol atau bubuk dibanderol mulai dari Rp 12 ribu hingga Rp 25 ribu tergantung ukuran dan kemasan.

Anda bisa mendapatkan minuman ini dalam berbagai bentuk seperti botol, kalengan, dan mentahan hingga bubuk siap seduh. 

6. Dodol Betawi

Dodol Betawi adalah dodol yang memiliki beragam varian rasa seperti ketan hitam,durian, dan ketan putih. Sama seperti dodol pada umumnya, Dodol Betawi merupakan khas yang mempunyai rasa manis dan tekstur yang lembut tidak lengket. 

Anda bisa mendapatkan dodol betawi dengan berbagai rasa, mulai dari rasa ketan hitam, ketan putih, dan juga durian. Bentuk kemasannya pun juga beragam, bisa berbentuk panjang seperti Pempek atau dalam bentuk potongan kecil. Anda bisa memilih sesuai keinginan.

Makanan Khas Betawi ini mempunyai rasa yang manis, sehingga tidak heran jika menjadi favorit banyak orang tidak hanya orang Betawi saja. Tekstur lembut tapi tidak lengket menjadi alasan Dodol Betawi mampu bersaing bersama dodol garut yang lebih dulu terkenal.

Harganya pun ramah dikantong, mulai dari Rp12.000 hingga Rp500.000 tergantung ukuran yang Anda pilih. Makanan khas bekasi ini bisa awet dan tahan lama, jadi cocok untuk dijadikan buah tangan.

Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh atau toko souvenir. Salah satu toko yang populer adalah Mpok Nini yang terletak di Jl. Belanak 2 Ujung, Bekasi Selatan.

7. Kue Sagon

Kue Sagon

Kue Sagon adalah kue yang terbuat dari bahan utama dari parutan kelapa, gula, serta tepung sagu. Kue Sagon memiliki rasa yang gurih dan langsung lumer saat masuk ke mulut, setelah dimakan ada rasa manis dengan sedikit sensasi dingin yang tertinggal di mulut. 

Anda bisa mendapatkannya di toko kue kering serta toko oleh-oleh Khas Bekasi yang menjual berbagai camilan.

Urusan harga Anda tidak perlu khawatir, sebab kue sagon dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Satu toplesnya bisa Anda beli dengan harga Rp20.000 untuk ukuran 250 gram. Bentuknya juga bervariasi ada yang kotak, tempurung kura-kura, hingga berbentuk cincin.

8. Kue Duit

Kue duit mempunyai bentuk yang serupa dengan lempengan koin, tekstur yang renyah seperti memakan kerupuk atau cone es krim. Kue duit mempunyai rasa yang manis dan gurih, hal ini dikarena adanya campuran tepung, gula merah, telur, dan lainnya.

Kue kering ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin membawa makanan khas sebagai oleh-oleh dari Kota Bekasi.

Oleh karena itu, sangat cocok untuk Anda nikmati saat bersantai bersama keluarga. Kue duit ini banyak disajikan di rumah-rumah warga Betawi saat lebaran idul fitri berlangsung.

Bila Anda tertarik ingin mencoba bisa kunjungi toko-toko kue atau jajanan khas Betawi yang ada di Bekasi. Harganya pun sangat terjangkau yang dibandrol sekitar Rp15.000 per kemasan.

9. Kue Jalabia

Kue Jalabia adalah kue tradisional yang sangat populer di Kota Bekasi. Kue ini dibuat dari campuran telur, tepung terigu, tepung beras ketan dan gula merah. Umumnya berbentuk seperti jala atau anyaman yang di atasnya terdapat gula-gula sebagai hiasan

Sekilas kue ini terlihat sama dengan donat, padahal kue jalabia termasuk dalam jenis gemblong Betawi. Bahan-bahan yang digunakan tepung beras ketan, tepung terigu, garam, santan dan lainnya yang digoreng lalu diberi balutan gula cair.

Meski bentuknya seperti donat yang bolong tengahnya, kue ini termasuk kue basah yang mempunyai rasa unik. Teksturnya lembut di dalam dengan balutan yang garing dan rasa manis dari campuran gula merah dan putih.

Jalabia memiliki beberapa jenis yang bisa Anda nikmati seperti ketan hitam gula putih, ketan putih gula merah, dan ketan putih gula putih. Tiap varian mempunyai kenikmatannya tersendiri, Anda bisa mencoba tiap varian yang berbeda.

Anda bisa mudah menemukan kue ini di sejumlah pasar tradisional tepatnya di warung jajanan pasar. Satu potong jalabia bisa Anda beli dengan harga yang sangat murah yaitu Rp1.000. Namun sayangnya kue ini tidak tahan lama sehingga tidak dapat disimpan berhari-hari jadi bisa Anda nikmati secara langsung.

10. Kue Akar Kelapa

Kue Akar Kelapa

Kue akar kelapa merupakan kue kering yang memiliki bentuk unik menyerupai akar pohon kelapa. Bahan dasarnya terbuat dari tepung beras, tepung ketan, soda kue, kuning telur, santan, dan bahan lainnya. 

Akar kelapa adalah salah satu jajanan khas Betawi yang tidak boleh Anda lewatkan ketika mengunjungi Kota Bekasi.

Walaupun kue ini adalah kue tradisional, namun kue akar kelapa memiliki beragam variasi rasa yang perkembangan mengikuti zaman. Selain rasa originalnya yang gurih dan manis, Anda juga bisa mencicipi akar kepala dengan rasa keju dan coklat yang tidak kalah lezat dibanding rasa aslinya.

Jajanan khas Betawi ini bisa Anda beli di toko oleh-oleh khas Bekasi Jawa Barat. Akar kelapa dibandrol dengan harga yang tidak terlalu mahal dibandrol dengan harga Rp15.000 per kemasan ukuran kecil. Kue ini biasanya disajikan saat menjelang hari raya khusus seperti hari raya idul fitri dan sudah menjadi sebuah tradisi.

Baca juga: Tempat Wisata Cikarang: Rekomendasi Destinasi Liburan Menarik

Akhir kata

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan dan oleh-oleh khas Kota Bekasi yang cocok bagi sobat Jababeka. Sobat Jababeka yang ingin membeli oleh-oleh khas Bekasi bisa langsung mengunjungi pusat oleh-oleh terdekat. Tidak hanya oleh-oleh, Anda yang menyukai wisata kuliner dapat mengeksplor hidangan khas Bekasi yang tentunya sangat kental dengan bumbu rempah khas Betawi.

Jika Anda ingin mencicipi kue tradisional dari Bekasi, ada satu kue yang cocok untuk Anda yaitu kue jalabia. Kue ini memiliki bentuk seperti anyaman dan rasa yang manis, sangat rekomen bagi Anda yang belum pernah coba.

Bagi Anda yang ingin memiliki rumah hunian di kawasan strategis Bekasi, Jababeka menghadirkan solusi terbaik bagi Anda.

Jababeka memiliki berbagai tipe hunian dengan nuansa dan konsep yang berbeda-beda, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang lengkap dan lokasi yang strategis

Ingin membaca artikel serupa? Segera kunjungi website resmi kami di sini.

ARE YOU INTERESTED

IT'S TIME TO DISCOVER

THE POTENTIAL

FIND US

ADDRESS:

Jababeka Center, Hollywood Plaza No. 10 – 12,
Jl. H. Usmar Ismail, Jababeka Cikarang, Bekasi 17550
Phone:

+62 21 893 4580 / 893 4570

E-mail:

info@jababekaresidence.com

download Jababeka residence application

Dapatkan informasi terbaru mengenai produk-produk Jababeka Residence, mulai dari rumah, ruko, apartemen hingga business loft dengan harga terjangkau.

ENQUIRE

    © Jababeka Residence. All rights reserved.